1/09/2010

aplikasi buku tamu dengan flash

Flash telah Anda kenal di edisi pertama majalah ini. Database? Mungkin desainer grafis/Flash belum banyak mengenalnya. Database adalah kumpulan dari tabel-tabel. Tabel terdiri dari kolom dan baris, di mana kolom biasa disebut field, sedangkan baris biasa disebut record. Ada banyak produk database yang tersedia, seperti MS SQL Server, MySQL, Oracle, atau MS Access.
Untuk mengintegrasikan Flash dan database dalam sebuah situs, diperlukan sebuah penghubung, yaitu bahasa pemrograman sisi server. Ada banyak bahasa pemrograman sisi server, seperti PHP, ASP, JSP, atau CFM.
Dalam artikel contoh implementasi integrasi Flash dan database ini, disajikan aplikasi buku tamu dengan Flash yang menggunakan menggunakan Flash 5, Notepad, webserver dengan ASP, dan MS Access. Karena database yang digunakan adalah Access, maka Anda hanya bisa mencoba aplikasi ini di Windows.
Konsep Dasar
Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana Flash membaca variabel-variabel dari sebuah file teks. Format dari file teks yang dikenali oleh Flash sebagai variabel adalah:
variabel1=nilai1&variabel2=nilai2&variabel3=nilai3
Cara Flash membaca variabel dari file teks adalah dengan menggunakan Actionscript LoadVariablesNum(). Sebagai contoh, kita buat sebuah file teks dengan nama daftar.txt yang berisi:
nama=siapa&email=siapa@dimana.com
Kemudian buat sebuah file Flash loadvar.fla pada direktori yang sama dengan file daftar.txt, pada frame ke-1 tambahkan Actionscript:
LoadVariablesNum("daftar.txt", 0)
Artinya: kita membaca variabel yang berada dalam file teks daftar.txt pada level 0.
Jika kita Test Movie (Ctrl-Enter), maka layar masih polos tentunya. Pilih menu: Debug > List Variables (Ctrl-Alt-V) maka akan muncul:
Level #0:
Variabel _level0.$version = "WIN 5,0,30,0"
Variabel _level0.nama = "siapa"
Variabel _level0.email = "siapa@dimana.com"
Artinya, Flash telah membaca variabel yang ada dari daftar.txt dengan benar. Kita dapat menampilkan isi dari variabel tersebut ke dalam Flash. Caranya, klik ikon Text Tool untuk membuat sebuah teks namanya, kemudian klik menu Text > Options. Rubah Static Text menjadi Dynamic Text isi kotak variabel: dengan nama.
Jika kita Test Movie, maka teks namanya berubah menjadi siapa.

Tidak ada komentar: